Pengertian dan Sejarah Internet
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke
seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik
dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan
terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node bisa berupa
komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung
antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi
terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit . Node
terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan
komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta
peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar
informasi di Internet.
Menurut Lani Sidharta (1996) :
walaupun secara fisik Internet adalah interkoneksi antar
jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber
daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu
database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan
Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena
hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di
Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.
Drew Heywood (1996) menerangkan :
QUOTE
sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat
United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk
komunikasi Internetworking. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis
komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian
dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan
sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibentuk
tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packet
switching.
Jaringan pertama dibangun menghubungkan 4 tempat yaitu :
UCLA, UCSB, Utah
dan SRI International. Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih
dari 20
host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi
backbone Internetworking institusi pendidikan, penelitian, industri dan
kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).
Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan
mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) kemudian
membiayai pembongkaran backbone ARPANet menjadi backbone Internet komersial dan
dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) :
andil besar dalam perwujudan Internet adalah tergabungnya jaringan regional
seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM),
EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah
dengan sejumlah link
transatlantik yang beroperasi pada 64 Kbps – 2 Mbps pada
tahun 1988.
Menurut Khoe Yao Tung (1997), jaringan pendukung Internet
di seluruh dunia adalah :
QUOTE
Amerika didorong oleh NFS – ANSNet dan CO+RE (jaringan non
profit terbatas) yang bekerjasama dengan Commercial Internet Exchange (CIX)
serta Sprint (perusahaan telekomunikasi umum) tahun 1990. Pengesahaan RUU NREN
(National Research and Education Network) oleh Kongres Amerika pada Desember
1991. Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam
The Corporation for Regional an Enterprise Networking
(CoREN) yaitu :
BARRNet, CICNet, MIDNet, EARNet, NorthWestNet, MYSERNet,
SURANet dan WestNet.
CoREN bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi komersial
MCI.
Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
Australian Academic and Research Network (AARNET)
The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX Network
(EUNet) dan RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa
Jepang memiliki Widely Integrated Distributed Environtment
(WIDE), Today International Science Network (TISN), Japan Academic
Interuniversity Network (JAIN) dan Japan UNIX Network (JUNET). Kebanyakan
bekerjasama dengan jaringan telekomunikasi komersial AT&T perwakilan Jepang
yang disebut dengan SPIN. Pelayanan lain yang bersifat internasional adalah
InterCon
International KK (IIKK) dan Internet Initiative Japan (IIJ)
yang berasosiasi dengan WIDE untuk menyediakan jaringan Internet dikawasan
Asia, termasuk jaringan penelitian dan pendidikan untuk kawasan Asia
(disponsori oleh NEC, IIJ dan WIDE) yang disebut AI3 (Asia Internet
Interconnection Initiative) yang mengembangkan teknologi satelit komunikasi Ku
Band
Belakangan muncul ABONE (Asia Backbone) yang didirikan oleh
konsorsium negara-negara di Asia seperti Jepang, Korea, Thailand, Malaysia,
Singapura, Indonesia dan Hongkong. Interkoneksi dunia tersebut memakai jaringan
serat optik antar benua berkapasitas + 45 Mbps. (T3 +) dan jaringan satelit
telekomunikasi.
Protokol TCP / IP
Salah satu isu terpenting di Internet adalah penerapan
Standar Komputasi Terbuka (Open Computing Standard). Karena Internetworking dan
Internet mengintegrasikan semua sistem, jenis dan tipe komputer yang ada di
dunia, maka harus ada standar yang menjamin komputer dapat saling berbicara
satu sama lain dalam bahasa yang sama. Menurut Drew Heywood (1996) : standar
bahasa komputer universal telah dikembangkan sejak 1969, terdiri dari
serangkaian protokol komunikasi disebut Transfer Control Protocol yang bertugas
mengendalikan transmisi paket data, koreksi
kesalahan dan kompresi data dan Internet Protocol yang
bertugas sebagai pengenal (identifier) dan pengantar paket data ke alamat yang
dituju.
Protokol TCP / IP menyatukan bahasa dan kode berbagai
komputer di dunia sehingga menjadi standar utama jaringan komputer. TCP / IP
berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka, bebas digunakan,
ditambahkan kemampuan baru oleh siapapun dan gratis karena tidak dimiliki oleh
siapapun.
Menurut Khoe Yao Tung (1996), Drew Heywood (1996) dan
Andrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama
QUOTE
protokol TCP/IP adalah :
File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitas transfer file
antar komputer
Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas surat menyurat
antar komputer yang terdiri atas Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) sebagai
dasar komunikasi email, Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME) yaitu
standar format biner grafik, dan suara agar dapat ditransmisikan melalui e-mail,
Post Office Protocol (POP) yaitu sistem penerima e-mail, Network News Transfer
Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita, artikel dan diskusi melalui e-mail
Emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Remote Login) yang
memungkinkan suatu komputer (client) untuk masuk dan mengendalikan host yang
terletak jauh
darinya, misalnya pada network yang lain atau di Internet
Simple Network Management Protocol (SMNP) yaitu protokol pengendalian peralatan
network jarak jauh.
Drew Heywood (1996) menyebutkan :
QUOTE
fungsi utama itu masih diikuti dengan fasilitas Domain Name
System (DNS) yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network berdasarkan
kelompoknya.
Sedang Andrew S. Tanenbaum (1996) memberi pengertian fungsi
secara singkat :
QUOTE
aplikasi TCP / IP menghasilkan 4 fasilitas penting E-mail,
News, Remote Login dan Transfer File. Semula tampilan Internet masih berupa
teks murni, revolusi terjadi
ketika WEB atau World Wide Web (WWW – tampilan grafis dan
multimedia di Internet) diperkenalkan.
WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996) : WEB adalah sekelompok kode
berbasis teks yang sederhana dan universal, disebut Hypertext Markup Language
(HTML). Karena berbasis teks, HTML dikenali dan diterjemahkan segala jenis
komputer dalam bentuk tampilan informasi yang sama. HTML adalah kreasi Tim
Berners Lee, ilmuwanEuropean Laboratory for Particle Physics (CERN – organisasi
penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989 Tim memperkenalkan WEB
dan HTML sebagai standar antar muka distribusi informasi di Internet yang mampu
menggabungkan
teks, grafik dan multimedia dengan metode navigasi menu
pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadi dasar bagi
terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat
mengenali
format2 yang ditampilkan dalam situs2 Internet tanpa
perbedaan yang berarti, termasuk didalamnya penampilan multimedia (grafik,
suara dan citra video). HTML
berbasis teks yang sangat sederhana dan praktis sehingga
dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML mengandung perintah2 teks yang disebut tag
untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasi dsb. serta link
yang menghubungkan berbagai topik. Dengan bentuk hypertext maka halaman
Internet (Web Site – Kios Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta
ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep hypertext ini pembacaan suatu dokumen
tidak harus
urut namun bisa meloncat antar topik bahkan di print maupun
dicopy ke media penyimpan lokal (harddisk misalnya). Format hypertext juga
memungkinkan pemakai
mesin yang hanya bisa mengenali teks untuk mengakses
dokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaannya hanya terletak pada tidak
ditampilkannya gambar, grafik,
animasi, video, suara dan warna.
Browser WEB
Atas bantuan National Center for Supercomputing
Applications (NCSA), Mei 1993 standar ini diwujudkan dalam bentuk software yang
disebut MOSAIC. MOSAIC adalah browser pertama WEB dan diaplikasikan
multiplatform UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Browser adalah program
penterjemah HTML menjadi tampilan WEB (teks, grafis dan multimedia) di layar
komputer pemakai. Kreator MOSAIC adalah Mark Andreesen, pada tahun 1994
bergabung dengan Jim Clark yaitu salah seorang pendiri Silicon Graphics. Mereka
kemudian membuat browser WEB komersial pertama
yaitu Netscape Navigator yang dengan segera menggeser
popularitas MOSAIC. Hingga saat ini Netscape adalah browser paling populer dan
menjadi pelopor dibidangnya.
WEB, Internet dan Perkembangannya Januari 1992 pengguna
Internet membentuk The Internet Society yang mempromosikan Internet. Tahun 1994
CERN dan MIT membentuk World Wide Web
Consortium (W3C) sebagai otorita tunggal bagi pengembangan
WEB serta berwenang menetapkan berbagai standar di dalamnya. Awal dekade 90-an,
WEB site (pusat
informasi berbasis HTML di Internet) hanya berjumlah
sekitar 50 buah URL (Uniform Resource Locator – sistem pengalamatan kios
informasi di Internet) dan hanya berisi teks saja.
Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996) :
QUOTE
akhir 1990 telah berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200
ribu komputer. Tahun 1992 host kesatu juta terhubung ke Internet dan tahun 1995
terdapat puluhan backbone, ratusan jaringan menengah regional, puluhan ribu
LAN, jutaan host dan pengguna. Pertumbuhannya mencapa dua kali lipat setiap
tahun (data penelitian Paxton, 1996). Kini WEB adalah antar muka paling populer
di Internet yang mampu menampilkan tidak hanya teks namun juga grafik (gambar,
foto, animasi), suara, video dan dimensi virtual (3D). Diperkirakan pada akhir
1998 telah lebih dari 10 juta WEB site dibangun oleh institusi pendidikan,
bisnis, pemerintahan, media massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan
pengguna lebih dari 100 juta.
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:17 PM
2. INTRANET
Pengertian dan Keunggulan
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi
Internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995.
Khoe Yao Tung (1997) mengatakan :
QUOTE
Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan
segala fasilitas Internet, diibaratkan
berInternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi
ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan
Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. Kompatibilitas
Intranet (sebagaimana Internet) sangat tinggi terhadap sistem
lainnya sehingga mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan
dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasi yang
luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan
LAN.
Keistimewaan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada
jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
Tampilan WEB (grafis, multimedia) pada sistem operasi,
navigasi, aplikasi maupun databasenya
Fasilitas standar Internet : surat elektronik (E-mail),
transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin), pengendalian
peralatan network jarak jauh (SMNP) Aplikasi Internet yang kaya seperti search
engine, mailing list, newsgroup, archie, gopher, wais dan sebagainya
Script programming universal Common Gateway Interface
(CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database
Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan
perangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle
Teknologi LAN seperti manajemen database, sistem
terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap
dipertahankan.
Salah satu hal terpenting dalam Internet / Intranet adalah
keamanan jaringan (network security).
Isu ini sensitif mengingat jaringan telekomunikasi
komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network)
sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data.
Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan seperti firewall,
enkripsi, encapsulated data packet, id recognition dan sebagainya, sehingga
menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet. Berbeda dengan
LAN yang menggunakan jaringan komunikasi terproteksi (VPN – virtual private
network) sehingga keamanannya relatif lebih terjaga sehingga cukup memakai
teknologi enkripsi saja. Terminologi yang lebih berkembang dari Intranet adalah
teknologi Extranet
yang memiliki pengertian suatu jaringan Intranet yang dapat
diakses dari luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.
Internet Service Provider (ISP)
Koneksi langsung ke Internet akan memakan biaya yang sangat
tinggi yang tidak mungkin ditanggung oleh pengguna perorangan. Solusinya
didirikanlah perusahaan penyedia jasa yang membangun infrastruktur koneksi ke
Internet (diluar sistem telepon) dan kemudian membagi kapasitas yang
dimilikinya kepada pelanggan. Dengan demikian biaya koneksi akan menjadi ringan
karena ditanggung bersama oleh sejumlah pelanggan melalui registrasi dan iuran
(biasanya berlangganan per bulan) kecuali biaya pulsa ditanggung sendiri oleh
masing2 pengguna.
ISP selain memperoleh keuntungan dari pungutan iuran kepada
anggota, biasanya juga menjual jasa yang lain seperti layanan Virtual Private
Networking (VPN – saluran WAN khusus intern perusahaan melalui Internet),
koneksi dedicated (24 jam), pembuatan dan hosting (penempatan) situs Internet,
konsultan jaringan komputer bahkan ada yang berjualan komputer. Sebagai
organisasi komersial ISP haruslah berbentuk badan usaha yang sah menurut hukum
yang berlaku. ISP juga harus terdaftar dalam lembaga Internet internasional serta
memiliki alokasi IP address (alamat Internet) yang diatur oleh Internet Address
Network Authority (IANA) dan memiliki domain yang terdaftar dan diakui
komunitas Internet. Di Indonesia ISP
mempunyai wadah yang disebut dengan Asosiasi Penyelenggara
Jasa Internet Indonesia (APJII).
Beberapa kriteria umum untuk mengetahui kehandalan provider
di Indonesia
:
Dari sisi pelanggan perlu diketahui berapa banyak data
dapat dipindahkan antara 2 titik dalam 1 detik ? Ini adalah ide dasar bagi
standar laju transfer data yang dinyatakan dalam satuan Bit Per Second (detik)
(Bps.). Semakin besar nilai Bps, maka semakin cepat data dipertukarkan, satuan
ini dibakukan sebagai standar kecepatan modem
Umumnya ISP memakai modem 28.8, 33.6 atau 56 Kbps. walaupun
kinerja jaringan telekomunikasi publik (telepon) masih berkisar antara 9.6
Kbps. hingga 28.8 (Kbps.). Kecuali mempergunakan saluran digital khusus ISDN
yang masih mahal tarifnya. Pergunakanlah modem dengan kecepatan yang sama atau
lebih tinggi dari milik ISP karena kecepatan transmisi data biasanya mengikuti
standar kecepatan
terendah untuh menghindari kesalahan. Namun fasiltas
teknologi kompresi data yang dimiliki modem biasanya mampu meningkatkan laju
transfer data. Perhatikan pula rasio jumlah sambungan telepon yang dimiliki ISP
dengan jumlah pelanggannya (normalnya maksimal 1 saluran untuk 10 pelanggan)
Perhatikan Bandwidth yang dimiliki ISP.
Bandwidth adalah lebar pita saluran yang dapat dilewati
data pada saat yang sama, dapat dianalogikan dengan ‘berapa
lebar jalan yang akan dilewati mobil’. Bandwidth berkaitan
dengan pertanyaaan ‘berapa banyak data ditransmisikan dalam satu saluran pada
satu saat ?’. Semakin besar bandwidth yang dimiliki maka semakin banyak data
dapat ditransmisikan serta semakin banyak orang dapat memakai saluran yang sama
tanpa berkurang kecepatan aksesnya
Saat ini ISP di Indonesia yang terbesar
bandwidthnya sekitar 3 Mb, semakin kecil akan buruk kinerjanya dan ini
berbanding lurus dengan jumlah pelanggan serta rata2 pemakaian saluran setiap
saat. Jumlah pelanggan yang melebihi rasio bandwidth dan terjadinya beban
puncak mengakibatkan browsing menjadi lambat dan mungkin beberapa service yang
bandwidth intensive akan mengalami kegagalan (FTP dan Chat misalnya)
Apakah ISP anda mempunyai server proxy ?
Proxy adalah server khusus yang bertugas sebagai cache bagi
pelanggan ISP.
Server proxy adalah sebuah indeksalamat2 (host) vaforit
berikut isinya yang sering dikunjungi oleh masing2 pelanggan.
Proxy berguna sebagai akselerator akses disaat jaringan
(baik ISP maupun host tujuan) berada pada beban puncak (peak). Sekaligus
menghemat bandwidth yang dimiliki ISP karena dengan bantuan proxy server maka
pengguna tidak perlu
melakukan koneksi keluar untuk melihat isi host favoritnya
Apakah ISP anda mempunyai backbone sendiri ?
Backbone adalah saluran koneksi utama yang menghubungkan
jaringan ISP dan Internet. Kebanyakan ISP di Indonesia menyewa backbone dari
pihak ketiga karena membangun backbone sendiri membutuhkan teknologi yang berat
dan dana yang sangat besar. Semula ISP memiliki
(menyewa) backbone sendiri, namun kini 1 backbone bisa
dipakai oleh banyak ISP karena krisis ekonomi (fluktuasi nilai tukar mata uang
– tarif backbone dalam US$).
Sebagai contoh 13 ISP nasional harus membangun konsorsium
dan menyewa backbone 2 Mbps milik TelkomNet, akibatnya kinerja masing2 rendah
karena harus berbagi pakai dengan pengguna backbone (ISP) lainnya. Padahal
sebelumnya setiap ISP memiliki backbone sendiri rata2 minimal sebesar 512 Kbps
hingga 3 Mbps
Apakah setiap transaksi di Internet aman dari pembajakan,
apakah ISP memiliki mekanisme pengaman ? Hampir setiap host di Internet
menerapkan metode Firewall yaitu suatu cara verifikasi identitas berdasarkan
pengenalan kode sistem yang masuk. Setiap pengguna memiliki kode sistem yang khas
baik itu alamat (IP address) node (titik dimana komputer terhubung), nama user,
password, sistem yang dipakai
dan sebagainya masing2 secara unik. Firewall bekerja secara
software dan hardware sekaligus sehingga memperkecil kemungkinan sistem
keamanan ini ditembus. Dengan firewall dapat diketahui setiap koneksi yang
tidak sah baik itu dari luar sistem maupun dari dalam sistem yang dimiliki ISP
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:26 PM
Mekanisme pengaman kedua di Internet adalah metode enkripsi
dimana masukan data yang penting dan rahasia diubah dalam suatu algoritma
tersandi dengan kunci tertentu yang saling berbeda satu sama lain di setiap
transmisi dan transaksi koneksi.
Dengan enkripsi maka kegiatan berbelanja di Internet
menjadi aman karena setiap data yang dimasukkan (misalnya nomor kartu kredit)
ditransmisikan dalam bentuk yang tidak dapat dikenali oleh siapapun kecuali
sistem penerima. Sehingga walaupun data tersebut dibajak di tengah jalan, tetap
tidak akan dapat diketahui isinya kecuali si pembajak mampu membongkar kunci
algoritma penyandinya. Kegiatan perusakan,
pembajakan, penyadapan, penyusupan illegal dan cenderung
negatif semacam inilah yang disebut Phreaking dan Cracking, pelakunya disebut
Phreaker dan Cracker.
Sedangkan yang dimaksud dengan Hacking pelakunya disebut
Hacker adalah kegiatan membangun, menganalisa, membongkar kelemahan dan
memperbaiki sistem komputer, termasuk didalamnya kegiatan Phreaking dan
Cracking namun untuk tujuan mempelajari suatu sistem.
4. Peralatan Standar Apa yang Perlu Dimiliki
Internet dapat diakses siapapun melalui segala jenis
komputer seperti Mac, PC, Notebook, Palmtop, Mini komputer yang menjalankan
sistem UNIX, DOS, Windows, OS2 atau System Mac. Karena jenis komputer yang
paling populer adalah PC dengan sistem Windows maka referensi ini berdasarkan
kriteria PC, sistem lain mengikuti standar yang setara dengannya.
CPU 486 16 Mb. plus Harddisk 1 Gb. dan modem 28.8 Kbps.
telah cukup cukup memenuhi syarat minimal untuk memakai Internet secara
lengkap. Perangkat yang lebih baik dan lengkap akan banyak membantu terutama
dalam hal kecepatan proses.
Processor sekelas Pentium generasi terbaru, RAM diatas 32
Mb., chipset teknologi terakhir , monitor layar lebar, multimedia dan modem
33.6 Kbps. – 56 Kbps yang mendukung berbagai standar transmisi data serta
koreksi kesalahan adalah pilihan
terbaik.
5. Software Standar Apa yang Perlu ?
Umumnya pengguna di Indonesia familier dengan komputer
jenis PC dengan
perangkat lunak yang bekerja di platform DOS dan Windows.
Sistem Operasi : Varian Ms Windows, NT, IBM OS2, LINUX /
UNIX
Browser : Firefox, Opera, Internet Explorer , Netscape,
Safari, atau yg lainnya
Utility lain : FTP, Telnet, Finger, IRC, Mail + News Reader
dan sebagainya Anti Virus yang bisa bekerja menangkal serangan dari Internet.
Kalau berminat mendalami HTML perlu ditambahkan lagi :
Editor HTML : IE dan Netscape telah memiliki editor HTML
grafis yang WYSIWYG (seperti Front Page dan Composer), demikian juga yang dari
pihak ketiga seperti Dreamweaver (Macromedia) dan PageMill (Adobe). Namun
editor HTML konvensional seperti HTML Editor, HTML Writer, Hotdog maupun
HoTMetaL tetap diperlukan untuk beberapa alasan
Editor Grafis : Corel Suite, Adobe PhotoShop berikut plug
in seperti filter KPT
Animasi Grafis : GIF Construction Kit dari Alchemy Works,
Macromedia Flash atau yang lainnya
Image Map : Paint Shop Pro, Map Editor atau yang lainnya
Sistem FTP : Untuk transfer file ke host WEB antara lain
FTP32 LE, FTP Explorer
Koleksi animasi GIF, gambar teksture dan background akan
mempercepat mempercantik dan mempermudah pekerjaan.
Seluruh software ini bisa didapatkan dengan mudah di toko
software dalam format
Pengertian Utility Lain
Browser adalah software navigasi yang berfungsi sebagai
penunjuk dan penuntun sekaligus menampilkan apa yang dijumpai di Internet bagi
pengguna.
Finger adalah fasilitas pencari identitas suatu alamat di
Internet
Telnet adalah suatu fasilitas yang memungkinkan seseorang
menghubungi dan menggunakan komputer yang berada di tempat lain (remote) melalui
Internet
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang
menjembatani pertukaran file antara dua sistem di Internet. Software yang
populer adalah FTP32 LE
IRC (Internet Relay Chat) populer disebut Chating adalah
suatu media diskusi on line (langsung) atas topik tertentu diantara sekelompok
pengguna Internet. Software yang bisa dipakai untuk kegiatan ini misalnya
MiRC32
Mail Client + News Reader yaitu software pembaca mail dan
news apabila anda memakai fasilitas e-mail, berlangganan majalah elektronik,
mailing list dan usenet /news.
6. Bagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling
Mengenali ?
Sistem di Internet dapat saling mengenali berkat adanya
berbagai protokol transfer data dan sistem pengalamatan yang unik untuk masing2
node dan berbeda satu sama lain.
Macam2 protokol ini adalah :
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol utama
WEB yang mengatur tata cara yang harus dipakai oleh Browser untuk mengambil
dokumen WEB dalam format HTML
FTP (File Transfer Protocol) yaitu protokol yang mengatur
tata cara transfer file dalam bentuk biner dan teks antara dua node Internet
Gopher yaitu protokol yang dirancang untuk mengakses sistem
gopher (suatu server dengan sistem menu) atau melalui Telnet
Telnet adalah protokol untuk melakukan remote access
melalui Internet antara 2 node yang terpisah jauh
NNTP (Network News Transfer Protocol) adalah protokol yang
mendistribusikan berita di Usenet yang sering disebut sebagai News
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol untuk
pengiriman e-mail
POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk menerima,
mengenali dan menyimpan e-mail
Dan sejumlah protokol lain yang bertambah sesuai
perkembangan teknologi Internet.
Seluruh protokol ini dapat mengetahui lokasi suatu informasi
berkat adanya metode pengalamatan di Internet yang disebut URL (Universal
Resource Locator). Formatnya adalah sebagai berikut :
CODE
protokol_transfer://nama_host/path/nama_file
contohnya :
CODE
http://www.bluefame.com/index.php
(http) protokol transfer yang dipakai, (www) menunjukkan
host tersebut mendukung WEB, (bluefame) adalah nama host yang dituju, (com)
adalah nama top domain, (music) adalah path yang dicari dan (index.html) adalah
dokumen yang akan ditampilkan oleh browser dalam format HTML.
Selain itu sistem pengenal dan penamaan di Internet
mengikuti suatu standar pengkategorian yang disebut Domain Name System (DNS).
Dengan DNS setiap nama di Internet harus mengikuti kategori domain yang sudah
ditentukan agar bisa dikenali. Untuk memperoleh domain name seseorang atau
suatu lembaga harus terlebih dahulu mempunyai alokasi IP address dari IANA atau
ISP, memiliki mesin / server DNS sendiri atau terdaftar di salah satu mesin DNS
dan kemudian mendaftar ke lembaga pengelola fasilitas domain registration baik
Internasional maupun lokal.
Contoh kategori domain adalah :
com (organisasi komersial), edu (pendidikan),
gov(pemerintahan), org (organisasi umum), mil (militer).
Semua ini adalah standar top domain internasional yang
harus diregistrasikan ke sebuah lembaga yang disebut INTERNIC. Sedangkan
masing2 negara punya lembaga registrasi domain dan punya alokasi top domain
masing2 misalnya au (Australia),
jp (Jepang), sg (Singapura), my
(Malaysia)
dst. Di Indonesia (id) registrasinya melalui IDNIC yang menyelenggarakan
fasilitas DNS untuk top domain co.id, or.id, go.id, mil.id, ac.id dan net.id
Mengapa kita memerlukan DNS ?
Dalam transmisi data ada istilah resolving address yaitu
suatu proses penerjemahan domain name dan URL ke alamat IP. Secara elektronik mesin
berkomunikasi dan saling mengenali melalui alamat node (IP address), sedangkan
manusia sulit untuk menghapal alamat numerik (angka), lebih
mudah mengingat dan menghapal identitas URL atau nama
domain. Maka apabila anda mengetikkan URL http://arema.cjb.net maka
sesungguhnya komputer anda menanyakan alamat IP dari host dan domain tersebut
ke mesin / server DNS.
Selanjutnya DNS server akan melakukan resolving name dan
address sehingga komputer anda dapat menghubungi host yang dimaksud.
7. Bagaimana E-Mail dan Service Internet Lainnya Bekerja ?
E-mail
Sistem mail Internet bekerja sebagaimana kotak surat biasa, namun bedanya surat dikirim dalam bentuk dokumen dan
didistribusikan secara elektronik sehingga disebut E-mail. Kelebihan e-mail
adalah kecepatan, jarak ribuan mil hanya akan ditempuh selama beberapa detik
(hampir seketika) sedang dengan jasa pos bisa memakan waktu berminggu-minggu.
Setiap kotak surat
memiliki pemilik (bisa perorangan,
organisasi) dan alamat yang jelas, unik dan berbeda satu
sama lain sehingga bisa dipakai sebagai penunjuk identitas.
Format pengalamatan mail mengikuti standar sebagai berikut
:
identitas_pemilik@nama_host misalnya dna3dc@mlg.ywcn.or.id
(dna3dc) menunjukkan identitas pemilik alamat kotak surat (mail box),
(@) menunjukkan bahwa format pengalamatan ini khusus untuk
e-mail,
(mlg) lokasi geografis host (Kota Malang),
(ywcn) nama host, (or) menunjukkan identitas domain host
ywcn yaitu organisasi umum, (id) identitas top domain host yaitu berada di
negara
Indonesia.
Secara umum format ini mirip URL dan tetap mengikuti
standar DNS.
Protokol yang menentukan distribusi mail di Internet
disebut Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) yang berbasis kode ASCII. Format
mail dalam kode ASCII dipergunakan khusus untuk dokumen mail yang berupa teks.
Untuk transfer dokumen mail dalam bentuk grafis digunakan format biner dan
mempergunakan protokol khusus yang disebut Multipurpose Internet Mail Extension
(MIME).
Protokol yang dipakai untuk menerima mail disebut dengan
Post Office protocol (POP). Protokol ini yang mendefinisikan bagaimana sebuah
mail dalam berbagai bentuk (asal dalam format SMTP) diterjemahkan dan diterima
oleh sistem yang dimiliki user.
Dengan kata lain SMTP adalah gerbang untuk mengirim mail
dan sebaliknya POP adalah gerbang untuk menerima mail.
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:34 PM
Usenet / News
Di Internet ada suatu banyak tempat yang menyediakan suatu
kelompok diskusi yang disebut Usenet. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel
yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori yang disebut Newsgroup.
Setiap pengguna Internet dapat mengikuti (berlangganan) diskusi di Usenet
secara gratis.
Peserta usenet dimungkinkan untuk membuka suatu topik baru
maupun menutup / tidak mengikuti suatu group diskusi secara bebas karena usenet
tidak memiliki pengelola khusus.
Untuk mengakses server usenet diperlukan suatu software
khusus yang disebut news reader. Setiap topik memiliki alamat khusus yang
terdaftar di news server misalnya
alt.culture.indonesia
Mailing List (Milis) mirip dengan Usenet namun hanya
membahas satu topik yang spesifik dan biasanya dikelola oleh suatu institusi.
Dengan berlangganan milis sesorang dapat memperoleh berbagai informasi, artikel
dan diskusi melalui mail yang rutin dikirimkan oleh penyelenggara. Milis mempunyai
sejumlah aturan yang disepakati bersama menyangkut tata cara penulisan dan
pengiriman serta isi materi
artikel / diskusi sedangkan di usenet hal aturan ini
mungkin tidak berlaku.
Berlangganan milis tidak diperlukan software khusus kecuali
harus memiliki alamat email karena artikel2 langsung dikirim ke alamat e-mail.
SPAM adalah aneka informasi yang tidak berguna (sampah)
yang dikirimkan oleh berbagai pihak ke alamat e-mail anda. Umumnya SPAM berisi
iklan komersial namun tidak sedikit yang berisi humor, sumpah serapah,
pornografi, ajakan dan pesan konyol serta berbagai isu serius namun tak
memiliki hubungan apapun dengan kepentingan dan minat anda di Internet.
SPAM bisa pula terjadi akibat ulah serangan ilegal
seseorang yang disebut dengan mail bombing dimana pelaku mengirimkan surat
dalam jumlah yang banyak atau berukuran besar dengan tujuan
memenuhi mailbox anda atau membuat macet mail server.
SPAM muncul apabila kita kurang berhati2 dalam bertransaksi
di Internet sehingga alamat mail kita dapat diketahui oleh penyelenggara
layanan iklan komersial. Salah satu cara untuk menghindari SPAM adalah memasang
suatu software yang bertindak
sebagai filter atas mail yang masuk ke alamat anda. ISP
biasanya menyediakan fasilitas ini dan tidak sembarangan memakai alamat e-mail
sebagai identitas.
Service
Layanan di Internet lazim disebut sebagai service, secara
fisik dilakukan oleh mesin yang disebut server atau disebut juga sebagai host
melalui perantaraan protokol.
Suatu server identik namanya dengan service dan protokol
yang dijalankan.
Misalnya WEB Server, service disebut WEB dan protokolnya
disebut http, FTP Server servicenya
disebut FTP dan protokolnya disebut ftp.
Demikian juga yang lainnya. Karena nama host, sebutan
service dan protokol seringkali sama / serupa maka harus dicemati
dalam konteks apa istilah tersebut dipakai.
8. Search Engine
Internet adalah rimba belantara informasi, siapapun bisa
tersesat didalamnya. Sering pengguna intenet tidak menyadari bahwa dirinya
berada dalam suatu tempat yang tidak memberikan manfaat atau tidak menemukan
apa yang dicarinya sesuai dengan
minat dan tujuan berInternet. Masalah ini muncul akibat
ketidaktahuan, “hendak ke mana ?” adalah pertanyaan yang umum.
Dalam kasus ini Search Engine bisa menjadi solusi yang
tepat. Sebuah search engine adalah host yang berisi koleksi daftar alamat
Internet yang telah ditata sedemikian rupa menurut indeks dan kategori topik
tertentu. Pemakai layanan ini dapat mencari alamat, topik dan informasi yang
diinginkannya di seluruh Internet hanya dalam waktu beberapa saat saja.
Syaratnya hanya mengisikan sebuah atau beberapa kata, frasa maupun kalimat
kunci (keyword) mengenai informasi yang dicarinya tersebut.
Hal ini dimungkinkan karena search engine memiliki features
atau fasilitas pencarian berdasarkan kesesuaian kata kunci yang dimasukkan
terhadap data base yang dimilikinya baik itu sesuai seluruhnya, sebagian maupun
tidak sesuai. Features ini dapat berperan berkat adanya operator logika dalam metode
digital yang berbentuk pemisahan kriteria atas batasan “dan” “atau” “sama
dengan” “tidak sama dengan”
serta “benar” “salah”.
Penentuan sikap dan tujuan sebelum melakukan koneksi
Internet adalah patokan perilaku yang harus selalu diingat. Kebijaksanaan akan
mencegah anda tersesat atau membuang sumber daya (waktu, tenaga, uang, pulsa)
secara percuma atau untuk hal2 yang kurang bermanfaat. Tentukan terlebih dahulu
tujuan anda berInternet, cari informasi dari teman, buku, majalah atau media
lain di mana alamat yang
berhubungan, fokuskan pencarian pada topik dan informasi
yang anda inginkan dan eprgunakan search engine untuk memaksimalkan pencarian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar